Monday, June 30, 2014

Detailing Mobil Untuk Pemula

Detailing Mobil Untuk Pemula

5 langkah di atas adalah yang paling umum dilakukan. tergantung kondisi mobilnya,

1. Cuci
Mencuci banyak cara. Kalo saya selalu mulai dari bagian yang paling kotor. Velg, ban dan wheel arches adalah yang bersentuhan langsung dengan jalan ---> paling kotor.

peralatan:
a. Sabun cuci Mobil dan pembersih lainnya
b. sikat (gigi, sepatu, dll)
c. sponge
d. kuas

     
Pertama bersihkan velg, ban dan wheel arches , baru mulai cuci body. Cuci body juga mulai dari atas lalu ke bawah supaya washmitt/sponge yang dipakai gak kotor duluan kena bagian bawah. Boleh mulai dengan bilas mobil supaya debu2 rontok, lalu foam dulu dan diikuti dengan cuci pake washmitt dan dua ember. two buckets method ini tujuannya supaya washmitt yang kotor dibilas di ember air bersih lalu masukin ke air sabun. tujuannya supaya ga bawa2 kotoran yang bisa nimbulin baret.

Peralatan:
a. sabun mobil
b. 2 ember
c. selang air
d. air bersih
e. washmitt/sponge
f. chamois/microfiber/waffleweave drying towel
g. blower

    
Bilas dan keringkan deh! Cara pengeringan juga gausah kayak keringin panci, santai aja pelan2 dan no pressure supaya ga timbul baret2 halus. Lanjut step 2!

2. Clay
tujuan clay apa sih? clay itu untuk angkat kotoran yang nempel di permukaan yang ga terangkat pas cuci pake sabun. Apa aja yang clay bisa angkat? paint overspray, kotoran burung, tar, aspal, semen kering, paint transfer, brake dust, kerak air, dll. caranya gimana? basahin bagian mobil yang mau dikerjakan dengan air/air sabun. bisa juga pake quick detailer/clay lubricant. tergantung budget aja. lalu start claying lah people. pelan2 jangan pake pressure, biarin claynya glide angkat kotorannya. setelah proses dekontaminasi selesai, raba permukaan. kalo udah halus berarti clayingnya udah bener. keringkan permukaan dengan microfiber towel. Claying umumnya 3-6 bulan sekali. Tergantung pemakaian mobilnya seberapa berat
Peralatan:
a. claybar/claytowel
b. quick detailer/air sabun/clay lubricant
c. microfiber towel

  
3. Polish
setelah catnya bebas kotoran, saatnya polish untuk menghilangkan swirlmarks, scratches, oksidasi dan mengembalikan gloss. Polish bisa pake tangan atau mesin. umumnya pake tangan capek banget, jadi untuk pemula/hobbyist boleh beli mesin DA. mesin DA bener2 aman untuk pemula. easy to learn, use and affordable. Caranya gimana: pake tangan ---> pake hand buffing pad, kasi 3-4 tetes obat polish lalu mulai gosok2 permukaan sampe swirlsnya hilang/berkurang, lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. pake DA ---> boleh tanya master2 disini. biasanya pake polishing pad lalu speed 4-5, doing 2-3 section pass lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. jangan lupa untuk cek pake lampu LED apa swirlsnya sudah hilang/berkurang! penting nih. Polish direkomendasi 2x per tahun (maximal 3x). Karena polish akan mengikis clear coat. kalo keseringan polish, akan bikin botak.

Peralatan:
a. polish
b. hand buffing pad
c. DA machine + polishing pad
d. microfiber towel

  
4. Wax/Sealant
ini nih yang paling disukai sama semua orang. waxing! tujuannya adalah memberikan lapisan tipis pada mobil supaya terlindung dari debu, air, kotoran, dll. selain itu beda wax akan memberikan finishing look yang beda pada tiap mobil. faktornya banyak banget! warna cat, karakter wax, curing time, dll dll. caranya: pake applicator pad, lalu tuang 2-3 tetes wax/sealant (kalo liquid) lalu mulai apply di permukaan secara merata. caranya mau muter2, bolak balik, selang-seling ga masalah asal ga diteken supaya ga timbul swirls. setelah itu tunggu/langsung hapus (tergantung instruksi dari masing2 wax/sealant) pake microfiber towel. Hasil wax/sealant itu biasanya antara wet look, deep look, glassy atau warm. Tergantung karakter catnya lagi (solid, metallic, xyrallic atau pearlescent). Sealant itu biasanya punya durability lebih tinggi daripada wax karena sifatnya yang all chemical. kalo wax itu mengandung bahan organik, seperti carnauba. Bayangin kehantem polusi, macet, ujan, dll. Penting banget utk wax mobil kita!

Peralatan:
a. wax/sealant
b. applicator pad
c. DA machine (optional)
d. microfiber towel

 
Additional steps:
5. Tyre dressin/semir ban.
tujuannya adalah mencegah ban dari browning effect/men'coklat'. sekaligus bikin image mobil keliatan bersih dan terawat.

Peralatan:
a. tyre dressing
b. applicator pad

No comments:

Post a Comment