Tentang Lift-Up Kendaraan 4x4 atau offorad

Tentang Lift-Up Kendaraan 4x4 atau offorad

Kendaraan 4x4 atau offorad identik dengan ban besar dan kolong yang tinggi, tp hati2 perhitungkan fungsi dan resikonya..

Intinya ada dua prinsip meninggikan mobil untuk offroad (lift up), yaitu suspension lift-up dan body lift-up. Dua cara ini punya banyak keuntungan dari mulai semakin luasnya ruang ban besar juragan, grond clearence maksimal, kemampuan offroad yang meningkat dari mulai menjajal handicap2 sulit sampe berenang semakin dalam, soalnya air intake pun otomatis naik.

Kedua prinsip tadi bisa di aplikasi masing-masing atau dikolaborasikan gan.. yang penting juragan sekalian harus punya konsep yang jelas!! untuk apa di lift-up.. karena cara ini emang hemat gan, jadi jangan sampai bikin kita membabi buta ,apapun langkah yang diambil, telilti dulu apakah pitman arm, slang rem, sobreker dan bump stopper perlu ikut panjang ato ga usah..

Per Keong dengan Gardan Rigid
Ada dua cara umum untuk menggunakan jenis ini. pling gampang pake spacer 50mm di dudukan per, travel akan tetap tapi turunnya per keong jadi nambah ground clearence, sebaiknya dibarengi shock panjang.. dengan ini karakter berubah loh.. kalo masih kurang tinggi brati perlu lift-up kit, maksimal 50mm untuk yang bodinya ga terlalu besar, kalo yang lebih bisar bisa sampai 80mm. Jangan lupa batang kolong mobil (traction bar & lateral bar) perlu penyesuaian.

Per Daun dengan Gardan Rigid
Me roll per standar dengan tinggi sekitar 50mm, dengan ini travel bertambah, shock juga sama perlu ganti yang lebih panjang, tapi seiring waktu jarus di roll ulang, soalnya pasti balik lagi

Ganti Shackle atau Anting Per
Memanjangkan shackle bisa dilakukan maksimum 2 kali ukuran standarnya gan. Cara ini ga terlalu banyak merubah karakter, soalnya strukter juga tetep, hampir sama dengan over axle (mindahin per ke atas gardan) yang ga terlalu banyak ngerubah, kalo masih kurang tinggi, selipin blok spacer aja diantara gardan dan per nya.

Torsion Bar
Cara ini bisa dibilang gampangtoleransi sampai 50mm bisa disesuaikan dengan penyetelan batang torsi standar, perhatikan juga selang rem gan biar ga kecekek gitu juga pitman arm dan shock apa masih mampu ga mengcounter travel baru, dan yang paling penting perhatikan tinggi idealnya juragan sekalian

Body-Lift
Cara ini adalah mengganti mounting body standar, tebelnya sekitar 30 sampai 50mm, kalo lebih dari itu juga ga bagus karena gerak bodi dan sasis ga kompak bahannya kebanyakan pake karet polyurethane. cara ini cuma bikin naek body, suspesi ga terpengaruh sama sekali tapi bikin sedikit getaran suspensi keredam, karena karet diantara body dan sasis, sdkit lbh empyuuukk gann

Kit Lift-Up
Banyak yang ditawarkan paketan2 untuk Kit Lift-Up ini, tergantung kebutuhan juragan sekalian, sesuai harga sesuai spek jg . Produk aftermarket banyak yang nawarin tinggi ekstrim.

Comments

Popular Posts