Setel ketinggian pedal kopling Ayla Agya

Setel ketinggian pedal kopling Ayla Agya

Salah satu alat yang bisa di setel / di adjust sesuai dengan selera dari pemilik / pengemudi Ayla Agya adalah ketinggian pedal kopling.

Ketinggian pedal kopling yang pas tergantung dari selera masing-masing orang.
Ada yang senang injak kopling sampai mentok lantai trus diangkat dikit udah makan / menggigit koplingnya.
Ada juga yang senang koplingnya agak tinggi di tengah-tengah sehingga kaki mesti diangkat agak tinggi baru koplingnya makan / menggigit.

Ketinggian kopling standar dari pabrik buat saya kurang enak karena terlalu tinggi. Akhirnya saya setel sendiri ketinggian pedal kopling melalui pengatur kabel kopling yang ada di ruang mesin. Tidak dibutuhkan alat untuk menyetel ketinggian pedal kopling, cukup pakai satu tangan dan dua jari saja hehehehe



PERLU DI PERHATIKAN SAAT MENYETEL KETINGGIAN PEDAL KOPLING :

Jangan menyetel kopling terlalu rendah / terlalu dekat dengan lantai, sisakan jarak bebas dari lantai. Kalau terlalu rendah nanti saat oper gigi akan terasa keras / susah terutama saat mau masuk gigi mundur.

Jangan pula menyetel kopling terlalu tinggi, karena bisa menyebabkan kopling selip sehingga menjadi cepat aus dan panas. Dan jadi loyo saaat menanjak serta boros BBM.


Caranya buka kap mesin, lalu cari tuas pengungkit pelat kopling + ujung kabel kopling.
Ada mur penyetel kabel kopling yang bisa setel di putar ke kanan atau ke kiri.
Angkat mur penyetel kabel kopling keatas / menjauhi tuas pengungkit pelat kopling hingga bebas dari pentol karet penahan. Putar mur ke kanan ( panah merah ) untuk menurunkan posisi pedal kopling. Putar mur ke kiri ( panah kuning ) untuk menaikan posisi pedal kopling.

Lakukan secara bertahap dengan sedikit putaran dahulu, kemudian coba pedal kopling di injak lalu masuk gigi 1 ( mesin menyala ) dan dicoba angkat / lepas pedal kopling apakah sudah sesuai dengan selera. Bila belum lakukan pemutaran mur ke arah yang sesuai hingga tercapai ketinggian pedal kopling yang diinginkan.




Sumber Kaskus

Comments

Popular Posts