Saturday, March 15, 2014

Pertolongan pertama di medan offroad

Pertolongan pertama di medan offroad

As kopel/kohel lepas atau patah
seringkali dalam melewati handicap2 yang curam dan memiliki sudut derajat yang kecil dapat memungkinkan bagian bawah jip agan2 kejedot dan part penting seperti kopel ini bisa aja patah gan, ane pernah 2kali ngalamin gini, pertama karena nyangkut, dan yang kedua karena pada saat ditarik oleh mobil lain, yang nariknya ga pake perasaan(di sentak), lepas deh kopel nya gan.. alhasil jalan pulang dengan drive ban depan aja gan, repotnya minta ampun..
Nah cara menangani kalo patah ato rusak, lepasin aja gan kohel yang bermasalah nya, jadi transmisi aslinya ga akan terganggu karena harus bergerak terus, jangan lupa tutup mulut gardan dengan bahan tahan air gan, kaya plastik atau karet, kalo udah lepas masukin aja ke posisi 4x4 gan, biar bisa tetep direct ke gardan yang masih sehat, dan u/ sementara agan bawanya aga alon2 aja gan.. :travel

Bak Oli/ karter retak
masih di posisi kolong mobil gan, rentan kejedot medan yang terjal, dan kalo dibiarin oli bakalan terus ngocor habis sebelum keluar hutan gan, dan kondisi seperti ini kadang ga ketauan gan, tau2 temperatur mesin panas karena oli abis
solusinya agan2 agar minimal tidak menetes terus olinya adalah dengan cara lap permukaan yang retak hingga bersih, kemudian gosok sabun berulang2 sampai retakannya terisi penuh, dan untuk sementara bisa gan, kalo ternyata rembes lagi, bisa diulangi gan, jangan lupa cek takaran oli gan, bila kurang bisa ditambah untuk jaga2.. jadi sebelum pergi agan2 bisa prepare oli, dan sabun colek aatupun sabun batangan karena bakalan banyak berguna banget gan, bisa buat mandi juga

Per daun patah
biasanya nih gan kalo per daun yang patah itu di bagian yang mendekati gardan, jika bukan per utama yang menopang masih bisa dicuekin gan, tapi kalo yang patah per utamanya kudu diantisipasi dulu gan.. kalo engga gardan ga akan fungsi normal gan..
caranya per yang patah tadi dipantek pake sepotong kayu gan, kayunya arus yang kuat ya gan, soalnya buat nopang gardan dan sasis, trus lepasin stopper (bump stop) nya gan, dan iket deh gardannya yang kuat, biar ga geser2, ini sifatnya cuma darurat aja gan , minimal dengan kondisi ini agan bisa cari bengkel terdekat..

Setelah melibas genangan air yang tinggi
terkadang kita nemuin medan yang harus dilewati dengan pilihan jalan satu2nya harus berenang gan mobilnya,, selama tingi air tersebut ga melebihi air intake ga masalah gan, libas aja, karena pada umumnya kendaraan yang agan bakalan pake di medan ginian kan air intake nya tinggi, apalagi udah dilengkapi snorkle, cuma ada baiknya kita cek gan.. apalagi mesin mobilnya sampai mati gan.. sekedar tips jika melewati banjir gunakan RPM yang sedang gan, jangan terlalu tinggi, karena justru dengan putaran kipas air bakalan nyebar kemana2, apalagi mobil yang gendong perabot ECU,,
nah kalau mesin ampe mati Pertama buka semua busi nya gan, jangan langsung di idupin, ini sering kejadian aa mesin bensin, karena ada kemungkinan air masuk ke ruang bakar ataupun koil gan, jangan lupa cabut kabel distributornya juga, jadi ga ad aliran ke distributor atau CDI.. udah lepas semua coba stater sampe beberapa putaran gan, jadi air bakalan keluar lewat lubang busi, tapi kalo ada air sisa dikit biasanya bakalan masuk ke celah ring seher dan menuju kruk ass.. makannya abis nyampe kota langsung kuras oli dan filternya ganti gan.. kalo ga dikeluarin tu air gan bakalan jadi water hammer yang nyikat abis piston..
untuk yang bermesin injection, cek dulu modul ECU nya gan.. kalo sampai basah wajib kering lagi tuh!! kalo belum kering jangan di idupin dulu ya gan..

Radiator bolong
kejadian ini sering dialamin di medan offroad maupun jalanan raya biasa gan..
Solusinya lubang radiator tersebut bisa diatasi dengan menggunakan kisi2 yang rusa potong kisi2 radiator yang rusak, pakai semacam dempul ato kalo ga da bisa pake sabun gan.. atau pake sabun langsung juga bisa, tapi ga bakalan tahan lama gan, apalagi yang masih dalam hutan, jangan lupa selalu cek air dan temperatur mesin, kalo ampe abis tu air, isi gan, ati2 isinya mesin harus dalam keadaan nyala biar udara di dalem pada keluar.. hati2 juga buka tutup radiator dengan kondisi mesin panas..

selang radiator bocor

ga cuma radiator, selang yang udah uzur juga karetnya bakalan memuai dan rawan bocor gan..
cara mengatasinya dengan lepaskan tutup radiator, biar tekanan ga tinggi didalem selangnya gan,, kalo perlu tunggu sampe dingin.. bersihkan juga permukaan selang, kalo udah siap langsung gulung pake solasi item yang buat kabel gan, karena solasi ini memiliki elastisitas yang tinggi juga tahan panas,, inget jangan pake yang abal2 ya gan..

Dongkrak ketingalan/ rusak

bahaya ni gan jangan sampe de kalo ketinggalan dongkrak kemanapun agan2 pergi, tapi kalo rusak ya gimana lagi..
caranya gali permukaan tanah yang di injek ban rusak, biar dapet ground clearance yang lebih luas, selipin Balok kayu yag kokoh di bawah gardan gan.. arah kayu nya erlawanan ya gan.. trus majuin mobil sampai balik tadi jadi lurus dan menopang mobil,, ganti deh ban nya gan.. jangan lupa selipin ban serepnya atau ban bekasnya dalam proses buka/pasang, kalo ampe kejadian balok patah atau goyang bakal ketahan sama ban tersebut..

No comments:

Post a Comment