Masalah Pada Transmisi Mobil Otomatis

Masalah Pada Transmisi Mobil Otomatis

Pada transmisi otomatis, perubahan gigi tergantung pada kecepatan kendaraan, sehingga membebaskan pengemudi dari mengganti gigi secara manual.

Karena kemudahan inilah mobil bertransmisi otomatis makin banyak digunakan.

Transmisi otomatis juga akan membebaskan kaki dari terlalu sering menekan kopling di jalanan yang macet.

Karena popularitas transmisi otomatis yang meningkat dari hari ke hari, banyak pabrikan mobil raksasa yang hanya mengeluarkan versi otomatis di lini produksinya. Sistem transmisi otomatis dapat dianggap sebagai salah satu bagian paling kompleks dari mesin mobil.

Itu sebabnya, sejumlah peringatan yang berhubungan dengan transmisi otomatis perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah:


  1. Kebocoran
    Jika anda melihat genangan minyak berwarna merah muda di bawah mobil itu bisa jadi pertanda adanya keboboran. Kebocoran transmisi tidak selalu disebabkan hal yang rumit. Beberapa tipe kebocoran bisa diperbaiki dengan mudah, sedangkan yang lain perlu penanganan mekanik yang berpengalaman.

    Jika tidak yakin akan penyebab kebocoran, bawa segera mobil ke bengkel yang Anda percaya.
  2. Mobil bergetar
    Mobil kadang terasa bergetar apalagi bila sedang dipacu dalam kecepatan tinggi. Hal ini mungkin disebabkan tune mesin yang kurang bagus atau bisa pula karena ada masalah pada transmisi. Cara terbaik untuk mengetahui asal masalah adalah dengan membawanya ke mekanik untuk memeriksanya.
  3. Sulit mengganti posisi transmisi
    Bila Anda mengalami kesulitan saat hendak mengganti posisi gigi saat gigi berada pada posisi “D” atau “R”, ini bisa menjadi salah satu indikasi adanya kerusakan pada transmisi.
    Masalah mungkin disebabkan minyak atau pelumas gearbox yang sudah mulai berkurang atau adanya bagian - bagian yang perlu disetel ulang.
  4. Bau terbakar
    Jika Anda mencium bau hangus, mungkin transmisi mobil terlalu panas atau oli transmisi bocor ke knalpot. Kondisi ini membutuhkan perbaikan segera dari montir.

Comments

Popular Posts