Jumper Aki Mobil

Jumper Aki Mobil

Urutan dan aturan yang kurang tepat dalam men - jumper aki boleh jadi bisa berakibat fatal baik bagi aki itu sendiri, bagi sistem kelistrikan mobil, bahkan bagi keselamatan diri sendiri. Mungkin prosedur dibawah ini dapat membantu memberikan solusi nya :

1.  Safety first, gunakan alat pengaman mata, sarung tangan, sepatu ber - sol karet. Pastikan melakukan jumper diruang yang kering, tidak dalam keadaan hujan. Jauhkan dari cairan atau bahan bahan yang mudah terbakar. Jauhkan dari anak-anak.
2.  Posisikan kedua kendaraan agar battery kedua mobil berdekatan dan dalam jangkauan kabel jumper serta cukup ruang bagi anda untuk bekerja.
3.  Cari dan perhatikan kutub positif dan kutub negatif aki pada mobil donor (mobil D) maupun pada mobil penerima ( mobil P).
4.  Bersihkan kedua kutub positif dan negatif aki di kedua mobil, pastikan terpasang kuat.
5.  Kedua mobil pada posisi kunci kontak OFF.

Urutan menjumper adalah sebagai berikut  :

1.    Jepitkan klem kabel jumper merah ke kutub positif mobil D , hubungkan dengan kutub positif mobil P. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.
2.    Jepitkan klem kabel jumper hitam pada kutub negatif, dimulai pada mobil P lalu lanjutkan ke mobil D. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.
3.    Start mobil D, biarkan beberapa saat agar arus mengalir ke aki mobil P.
4.    Coba start mobil P

Bila mobil P telah menyala, lepaskan kabel jumper NEGATIF terlebih dahulu, baru kemudian kabel jumper Positif.

Mobil P yang telah berhasil dihidupkan, diamkan beberapa saat pada RPM 2000-2500 sampai terjadi pengisian pada aki yang soak.


Comments

Popular Posts