Sunday, July 21, 2013

Membersihkan Setir Dekil

 Membersihkan Setir Dekil/Kotor

Saat mengemudi setir merupakan bagian mobil yang paling lama kita pegang. Soalnya, komponen ini merupakan peranti vital yang membantu pengemudi mengarahkan mobil untuk melaju lurus atau berbelok.

Alhasil setir sering terlihat kotor. Pada setir berbahan plastik dengan motif tekstur pada permukaannya kerap ditemukan daki atau kotoran berwarna hitam yang menempel di bagian yang kerap digenggam, yaitu posisi jam 3 dan 9. Kotoran ini juga biasa ditemukan di setir dengan balutan suede, kulit sintetik, atau kulit asli. Sangat menyebalkan ya?

Memakai pembersih tangan instan setiap kali mau memegang setir bukan solusi. Setir akan tetap kotor karena terkena keringat atau minyak yang diproduksi saat tangan menggenggam setir. Partikel debu atau kotoran mikroskopis yang ada di kabin akan menempel di permukaan setir atas ‘jasa’ keringat Anda.

Satu-satunya solusi adalah dengan membersihkan setir secara berkala. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa perawatan mobil profesional, cukup baca terus artikel ini dan siapkan peralatan yang dibutuhkan.

Kami bagi tips membersihkan setir berdasarkan material setir, yaitu plastik dan kulit. Prinsip pengerjaannya mirip, cuma jenis bahan pembersihnya yang berbeda.

PLASTIK
Bahan pembersih:
• Material pembersih plastik atau vinyl bisa Anda beli di pasaran dengan berbagai merek. Seperti Meguiar’s Quick Interior Detailer, Turtle Wax F21, atau Autoglym Super Sheen. Harganya bervariasi mulai Rp 95 ribu sampai Rp 120 ribu.
• Kalau enggan mengeluarkan uang sebesar itu, Anda bisa membuat sendiri ramuan pembersih. Bahannya air hangat, dan sampo yang biasa Anda gunakan. Campurannya jangan terlalu kental karena malah akan membuat permukaan setir menjadi lengket.
• Siapkan juga perkakas yang dibutuhkan: tabung penyemprot, sikat nylon kecil dan kain bersih yang halus atau microfiber.

Pengerjaan:
1. Semprotkan cairan pembersih pada setir secara merata.
2. Diamkan beberapa saat lalu lap menggunakan kain bersih. Gosok dengan lembut hingga kotoran menghilang.
3. Kalau kotoran masih membandel, semprot lagi dengan cairan pembersih bagian tersebut. Kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi lalu keringkan menggunakan kain bersih dan halus.

KULIT
Bahan pembersih:
• Cairan pembersih khusus material kulit banyak tersedia di pasaran. Misalnya Astonish Car Care, Turtle Wax Leather Cleaner, atau Meguiar’s Gold Class Rich Leather Cleaner. Harganya bervariasi mulai Rp 115 ribu sampai Rp 160 ribu.
• Ramuan pembersih buatan sendiri juga bisa digunakan. Bahan dan komposisinya sama dengan di atas, yaitu air hangat dan sampo.
• Jangan lupa perkakas yang dibutuhkan: tabung penyemprot, sikat sepatu atau kuas cat, sikat nylon kecil, dan kain bersih yang halus atau microfiber.

Pengerjaan:
1. Bersihkan dulu bagian permukaan setir dengan sikat sepatu atau kuas cat. Langkah ini dilakukan untuk mengilangkan debu atau kotoran halus di permukaan kulit.
2. Semprotkan cairan pembersih ke setir. Diamkan beberapa saat, kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi.
3. Bilas dengan kain bersih yang sudah dibasahi.
4. Keringkan menggunakan kain bersih halus.
5. Sebagai tambahan anda bisa memberikan kondisioner untuk melembabkan kulit tersebut.

1 comment:

  1. Kiến thức đó từ Chủ thớt hoàng hảo, thank bạn mới đăng.
    Page hữu ích : Astonish

    ReplyDelete