Monday, July 1, 2013

Manfaat dan Cara Memanaskan Mobil

Manfaat dan Cara Memanaskan Mobil

Sebelum kita melakukan kegiatan olah raga, kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan stretching agar terhindara dari cidera. Analogi yang sama juga terjadi pada mesin mobil kita. Untuk menghindari terjadinya cidera pada mesin mobil kita, pemanasan mobil sebelum kita menjalankan kendaraan apabila mobil di parkir lebih dari 2 jam atau mesin dengan keadaan dingin adalah mutlak. Berikut tips dan trik mengenal 3 manfaat dan cara memanaskan mesin mobil :

1. Mencegah Keausan, bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin, sebab dengan pemanasan Anda memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.

2. Mengurangi Kebocoran Kompresi, ada bagian-bagian komponen mesin ang berada pada temparatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para disainer sengaja menciptakan celah, dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen tersebut terkena suhu tinggi (memuai). Ini yang kemudian mengurangi kebocoran kompresi terjadi, maka tekanan pada mesin akan menurun. Akibatnya, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Efeknya tenaga dihasilkan tidak optimal.

3. Membuat Proses Pembakaran Sempurna, Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Hal ini karena kondisi mesin masih dingin, sehingga suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran yang sempurna.

Cara memanaskan mesin cukup 5 menit saja, mobil sekarang kan sudah ada indikator suhu mesin, jadi mobil yang dipanaskan selama 5 menit sudah mencapai suhu kerja yang baik lalu indikator temperatur yang ada didasbor bekerja menujukkan posisi jarum atau 1/3.

Memanaskan mobil tidak usah injak gas, apabila mobil Anda harus menginjak pedal gas ketika menyalakan, injak-injak pedal gas sebelum distarter (terutama mobil dengan karburator sedangkan untuk mobil sudah injection langsung starter dan tidak perlu injak gas), kemudian starter mobil Anda tanpa menginjak pedal gas, biarkan saja mesin menyala dengan langsam, tidak usah injak-injak pedal gas, karena akan merusak mesin apabila kalau mesin belum sampai pada suhu kerjanya.

Matikan AC jika mobil dinyalakan, saat pada kondisi mesin mobil sedang dipanaskan, AC harus dalam keadaan mati, karena apa? Mesin yang belum mencapai suhu kerja apabila AC sudah dinyalakan akan membuat beban mesin bertambah, padahal kerja mesin belum maksimal.

No comments:

Post a Comment