Sunday, April 28, 2013

Usir Embun di Lampu Toyota Avanza Xenia

Usir Embun di Lampu Toyota Avanza Xenia

Adanya embun di dalam lampu utama mobil jelas menandakan ada yang bocor. Bocor sedikit saja, bisa bikin molekul air menyusup masuk ke dalam ruang lampu. Menurut Udin, mekanik Pimas Motor, spesialis lampu di Pasar Mobil Kemayoran Blok S no.127, Jakpus, kalau sudah mengembun sebaiknya dilakukan servis lampu untuk mengatasinya (Gbr.1).



Dari mana air menyusup? Ada beberapa lokasi yang bisa menjadi lokasi penyusupan. Batok lampu sendiri terbelah dua, terbagi menjadi mika dan reflektor. Nah, sambungan antara keduanya itu hanya dengan klip yang juga diberi sealer pada permukaan sambungan. Kondisi sealer kurang padat atau permukaan renggang bisa jadi sumber bocor.

"Misalnya saat hujan atau mencuci mobil. Apalagi kalau cuci pakai air bertekanan tinggi, bisa saja air menyusup masuk,"


Kalau dibiarkan, selain efek estetika alias tak sedap dipandang mata, juga bisa bikin efek buruk buat reflektor (Gbr.2). "Reflektor nanti bisa mengelupas kalau lembab,"

Nah, servis lampu yang biasa dibanderol Rp 250 ribuan buat sepasang lampu depan ini meliputi bongkar pasang lampu dan dibersihkan termasuk menambah sealer baru di sambungan batok.

Setelah itu, juga memeriksa kemungkinan bocor lain. Seperti pada saat pemasangan lampu utama (Gbr.3), pastikan karet penutup belakangnya tertutup rapat.

Ada dua lubang lagi yang rentan jadi lokasi bocor. Yaitu lubang lampu sein (Gbr.4), periksa karet pada fitting lampu. Selain itu juga ada lubang hawa (Gbr.5) yang kalau terbuka atau bocor bisa bikin uap air menyusup

No comments:

Post a Comment