Hal2 umum yg terjadi & penting diketahui bagi livina owner

Hal2 umum yg terjadi & penting diketahui bagi livina owner

Hal2 dibawah ini adalah wajar terjadi dan penting u/ diketahui bagi pemilik Grand Livina  yg baru:

  1. Suara A/C saat dinyalakan spt kompresor angin nembak
  2. Suara Fan Radiator yg keras (ada 3 step yg secara otomatis beroperasi tergantung suhu mesin)
  3. Bau sangit yg berasal dari part exhaust system, umumnya 2 minggu bau tsb akan hilang.
  4. Cadangan Air Radiator terkadang tinggal 1/2 dan bisa naik ke max lagi, selama diantara garis min-max tidak perlu ditambah kecuali sudah dibawah garis min.
  5. Oli mesin berkurang >> pd deep stick titik atas dan bawah adalah 1ltr, bila oli mesin berkurang ini krn mesin GL berteknologi lean burn yg beroperasi pada suhu 90 derajat sdgkan oli NGO adalah 10w30 yg encer jadi penguapan oli krn panas mesin lebih besar dari pada oli 10w40. Melihat deep stick sebaiknya pagi hari saat mesin belum di nyalakan, bila oli berkurang bisa ditambahkan dg NGO dg perkiraan titk bawah-atas adalah 1ltr... jangan ditambahkan berlebihan dari titik atas.
  6. Air Aki berkurang >> ini umumnya tidak terjadi bila tidak menggunakan perangkat electronik yg membebani aki berlebihan. Bila berkurang boleh ditambahkan tapi hati2 jangan sampai meluap krn Di Livina, pada bagian gear box yg lokasinya dibawah accu, ada part yg namanya CSC (Consentric Slave Cylinder). Nah, part ini kalau terkena air accu, akan bikin kopling nge-loss. Jadi, hati2 kalo nambahin air accu, jangan sampai kepenuhan. CSC ini cukup sensitif & tidak boleh dipasang ulang bila telah dicopot, harus ganti baru.
  7. Air Filter berminyak >> ini memang wajar krn Air Filter GL adalah oil based yg dapat menyaring debu lebih sempurna, tapi bila mobil beroperasi pada jalan berdebu sebaiknya sering di bersihkan krn kotoran debu yg menyumbat jalur udara dapat membuat FC boros.
  8. Tekanan angin ban std 32-35psi, kurang dari std pabrikan memberikan dampak FC lebih boros dan mobil terasa lebih limbung krn profil dinding ban dunlop yg lumayan tinggi (65).
  9. Penggantian Head Unit STD, harus tarik kabel ground baru, jangan gunakan kabel ground dari HU std, krn menyebabkan sekring putus.
  10. Door trim bila di buka dan kabel power window di copot maka otomatic power window non aktif jadi harus direset dg cara turunkan kaca sopir ke bawah tahan 5 detik dan naikkan ke atas tahan 5 detik.
  11. Alarm std tidak berfungsi apabila menggunakan anak kunci u/ membuka pintu. Tujuan utama adalah apabila remote tidak berfungsi (rusak/low bat) maka dg anak kunci saja tetap bisa buka pintu dan jalankan mobil u/ pulang/pergi .. krn remote asli cuma 1 bh. Bila remote asli hilang .. pengganti anak remotenya 1jtan. Disarankan pakai alarm aftermarket, tp jangan sembarang pasang alarm krn teknisi yg minim pengetahuan jadi menyebabkan kita harus bawa 2 remote kemanapun. Alarm std tidak dapat di cabut..hanya dapat di non aktifkan. Pasanglah alarm di tempat penjual alarm yg specialis spt CCAS.
  12. Karat di bagian Knalpot, terutama antara sambungan kanlpot dan ujung nya.

Comments

Popular Posts