Tutorial Ganti Oli Mesin Honda Civic

 Tutorial Ganti Oli dan filter Honda Civic
Panduan secara khusus ditulis untuk membantu pemilik generasi ke-8 (2006, 2007, 2008, 2009, 2010, & 2011) Honda Civic mengganti oli mesindan mengganti filter oli.Petunjuk manual untuk sedan Honda Civic merekomendasikan menggunakan Oli SAE 5W-20
. Filter Oli pengganti diantaranya K & N HP-1010, Purolator L14610 atau PL14610, Fram PH7317, ACDelco PF2057, Mobil1 M1-110, dan Bosch D3323.

Untuk ganti oli Anda harus siapkan peralatan dongkrak, corong oli, soket 17mm dengan kunci ratcheting, 4  liter oli baru, filter oli baru, sebuah wadah menangkap minyak dan kemungkinan kunci pas filter oli.
Langkah pertama adalah untuk panaskan mesin selama beberapa menit sehingga oli tua akan tercampur dan tidak mengendap. Kemudian matikan mesin dan tarik tuas rem tangan. Dongkrak mobil.

Akan lebih aman jika menggunakan dua dongkrak kanan dan kiri dari sisi mobil.
Honda-Civic-Engine-Oil-Change-Guide-004
Lepaskan tutup Oli yang akan memungkinkan udara masuk ke mesin dan oli lama untuk mengalir keluar lebih cepat.

Di bawah mesin sisi penumpang , Anda akan melihat filter oli yang terletak lebih dekat ke depan mobil dan baut oli berada horizontal dibelakang bagian dari  mesin.

Tempatkan wadah oli bekas tepat dibawah baut oli dan kemudian copy baut dengan kunci soket 17mm. Biarkan oli lama keluar sampai habis selama beberapa menit.Setelah oli terkuas habis kencangkan baut tutup oli secukupnya ,jangan terlalu kencang karena akan mengakibatkan kerusakan pada baut.
Honda-Civic-Engine-Oil-Change-Guide-010Honda-Civic-Engine-Oil-Change-Guide-012
Kemudian pindahkan oli yang ada diwadah kebawah filter oli.Copot filter oli dengan tangan dengan cara diputar atau bila agak susah gunakan kunci.
Kemudian ganti filter oli lama anda dengan yang baru.
Honda-Civic-Engine-Oil-Change-Guide-013
Turunkan mobil dari dari posisi terdongkrak . Buku manual pemilik untuk sedan 2010 Honda Civic menunjukkan bahwa isi (3,7 liter) oli baru diperlukan untuk mengganti oli dengan filter oli yang baru. (The Honda Civic Si membutuhkan 4,4 liter minyak baru untuk mengganti oli dengan filter oli yang baru.)Masukkan corong oli ke dalam lubang pengisi minyak di bagian atas mesin dan tuangkan dalam sekitar 3,5 liter minyak baru. Jalankan mesin selama beberapa menit, matikan, dan tunggu beberapa menit untuk oli turun diwadah didalam  mesin. Cek Jika tingkat oli di dipstick berada di bawah tanda "MAX", tambahkan sedikit minyak dan kemudian kembali memeriksa dipstick sampai mencapai "MAX" mark.
Honda-Civic-Engine-Oil-Change-Guide-018

Baca tips-membeli-oli-mesin-buat-kendaraan

Comments

Popular Posts