#

Friday, January 18, 2013

Tips Membeli Mobil Panther Second / bekas


Tips Membeli Mobil Panther Second / bekas

barangkali ada yg berkenan.

Periksa dari ujung roda sampai ujung kap .
Jangan meremehkan gejala-gejala kurang beres walaupun sedikit, sedikit2 juga bisa tambah pengeluaran.

- Buka kap mesin, lihat ada oli yg menetes/merembes tidak, terutama di oli mesin dan power steering.
- lihat radiator ada yang bocor tidak? buka penutupnya, lihat bersih atau tidak air radiator, bocor sedikit memperbaikinya juga membutuhkan waktu dan biaya.
- lihat semua parts engine bay lengkap tidak? penutup-penutup minyam rem, power steering dsb.
- cek tanki wiper dan karet wiper, berfungsi normal tidak.
- nyalakan mesin. rasakan starter masih mantap tidak? nyalakan semua lampu, lihat satu persatu. nyalakan air wiper, semprotannya masih bagus tidak, tes klakson sambil putar stir kanan dan kiri, masih bunyi bagus tidak.
- lihat kondisi mesin (bawa montir aja biar gampang).
- cek roda; lihat ban masih bagus tidak, lihat pelek, masih mulus dan lurus tidak, termasuk cek ban serep.
- lihat dengan detail seluruh bodi. putari perlahan sambil melihat masih solid atau tidak cat bodinya, baret2 sedikit mgk masih bisa ditolerir, tapi kalau penyoknya sudah lebih dari 3, itu juga PR, service bodi mobil bisa berhari-hari.
- lihat KARAT yang paling umum ada di panther. biasanya di sekitar roda dan pintu bagian bawah. kalau karat terlalu banyak juga PR service bodi.
- lihat bagian kolong, apa sudah pakai anti karat belum?, sukur2 dapat yg sudah pakai tuff kote dinol.
- coba kunci alarm, berfungsi dg baik tidak, alarm berfungsi normal tidak, syukur2 dapat alaram yg bagus.
- buka pintu, coba semua rasakan bantingannya saat ditutup, masih bagus tidak. buka pintu dan angkat sedikit ke atas, koplak tidak. koplak dan bantingan yg keras jadi perlu setel pintu. itu bisa jadi PR juga. cari yg pintunya masih bagus, tidak koplak dan bantingannya enak.
- masuk ke dalam interior. coba semua tombol driver; wiper, sein, power window naikkan dan turunkan, masih bagus tidak. terutama lihat power window bagian tengah kanan dan kiri.
- lihat door trim pintu, masih rapat dan kokoh tidak.
- coba audionya.
- lihat semua kursi, rasakan dan tes setelan kursi.
- nyalakan mesin, tutup semua pintu. rasakan apakah kedap suara atau tidak. membuat kabin kedap suara juga butuh waktu dan biaya. tetapi mendapat mobil yg sdh kedap suara juga lebih baik lagi.
- nyalakan AC, hidupkan double blower. cek semua knob AC, masih normal tidak. dengarkan ada suara aneh tidak ketika AC on dan off. suara aneh AC itu pertanda siap-siap ke ATM hehehehe....
- tes drive. jalankan mobil, rasakan kopling nyaman tidak, rem, pedal gas, steering, rasakan ada roda yang kurang sempurna tidak; bunyi, bergelombang, kalau sanggup, periksa roda sekalian; dongkrak bagian belakang, goyang roda ada bearing yg kocak tidak. demikian juga roda depan.
- rasakan tenaga yg muncul dari speed 60 - 80 km/h. ada bunyi2an tidak. bila ada suara dengung pada kisaran kecepatan itu, berarti ada bearing yang aus; bisa roda atau gardan.
- rasakan getaran mesin ketika berhenti dan masuk gigi 2 dan 3. getaran yg lebih halus akan lebih baik. (halus versi diesel yah...)
- lihat karpet dasar, berapa lapis. lebih tebal lebih bagus.
- lihat kaca film. lebih bagus lebih baik, paling tidak sdh Solar guard/spectrum/3M/Llumar/Vkool. kaca film jelek juga kita jadi kurang puas.


Kebanyakan ya....hehehe....
Intinya, kalau bisa dapat yang kondisi lengkap dan normal, kita ndak perlu lagi bolak-balik ke bengkel untuk perbaikan ini itu. paling tidak ke bengkel sekedar untuk mengganti semua oli; mesin/transmisi/gardan/rem/power steering/filter udara sbg. hanya tune up. atau ke bengkel variasi hanya untuk mempercantik mobil.

No comments:

Post a Comment