Setting Irit Honda Accord Maestro. Bisa Dilakukan sendiri untuk Pemula

Bisa Dilakukan sendiri untuk Pemula

Setting Irit Honda Accord Maestro.

Sebenarnya ada cara yang jauh lebih advance semisal setting semi sport dengan memperbaiki aliran udara dan asupan bahan bakar serta memperbaiki efisiensinya dengan cara bongkar mesin.
Atau dengan menggunakan Piggyback semisal dastek .

FC standart Maestro untuk kondisi macet dalam kota adalah 1: 6,5 s/d 1,7 km/liter. Sementara untuk luar kota 1: 11 s/d 1:12 km/liter.

Melihat angka yang jauh antara dalam dan luar kota bisa disimpulkan bahwa management ECU maestro , membuat pembakarannya kaya pada putaran rendah. Atau istilah pebengkel mesinnya basah untuk dalam kota.

Satu satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan piggyback yang akan dijelaskan dalam topik selanjutnya. Dengan piggyback maka kita bisa mensetting semprotan injector di tiap rpm sesuai dengan keinginan kita, dengan syarat tenaga lumayan Fc juga bagus.

Langkah2 sederhana untuk membuat irit adalah sbb:
1. Setting RPM . jangan terlalu tinggi cukup 800 rpm kondisi iddle tanpa ac.
throtel 

Caranya adalah putar mur seperti ditunjuk pada panah no 1. Putar sampai rpm sesuai.
2. Setting Iddle UP AC jangan terlalu tinggi.
Posisi panah no 2 pada EACV. Putar sampai rpm naik menjadi 850 rpm.  ( Mur bintang )
panah no 5 adalah fast iddle. menggunakan cara mekanik termostat. Berguna untuk pemanasan di pagi hari. Kondisi fix tidak bisa di seting. Rpm saat pagi sekitar 1500 s/d 2000 rpm.
speedo 
3. Setting CO pada ECU.


Ecu maestro seperti halnya cielo atau genio masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2.Ecunya Fixed .  Kita hanya bisa mnggunakan Engine analiser / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.
 
ecu 
Posisi  ECU dibawah kaki penumpang depan. Di bawah karpet.
Setelan seperti tanda panah , adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan.
Apabila setelan kita putar CCW ( berlawanan jarum jam ) , maka CO makin tinggi.  CW ( searah jarum jam ) CO makin rendah.
CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.
Cara setting adalah : putar mur maksimal ke kanan ( miskin / Lean ) , lalu kurangi sekitar 10 s/d 15  derajat kekiri ( rich ).
4. SETTING PENGAPIAN
Distributor:
DISTRIBUTOR ACCORD MAESTRO 
Set waktu pengapian yang sesuai.
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian.
Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.
Maestro tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru , yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik.
jadi kita harus mensettingnya secara manual.
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin .
Putaran distributor mundur ( retarded ) adalah searah putaran mesin.
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.
Caranya untuk setting pengapian sbb :
Kendorkan 3 bautnya.
Putar dist ke depan atau ke belakang seperti pada foto.
Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju / advanced.
Lalu lakukan trial error . start mobil. Masukkan gigi 2 . Gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih.
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.
Matikan mobil. Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).
Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2.
Lakukan terus sampai suara kocking hilang.
Lalu kencangkan 3 baut distributor.
Apabila langkah dilakukan dengan benar , maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal ( limit ) tanpa ada knocking.  Biasanya suara mobil lebih halus , dan tarikan lebih instan.
Level : Pemula.
Lama setting : sekitar 20 menit.
5. ganti saringan udara yang kotor.
Kotoran akan mengurangi asupan usara ke mesin.
6. Cek kebocoran2 pada selang2 vacum.
7. Modifikasi Kepala Busi.
Modifikasi ini diilhami pada seting sepeda motor yang biasa digunakan untuk balapan.
yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda   sbb:
busi standart:
busi standart 
Busi Hasil Modifikasi :
busi 
Tujuannya agar percikan api busi lebih besar dan  arahnya direct ke ruang  combustion. Awalnya saya skeptis dengan cara tersebut. Tetapi ternyata hasilnya  diluar dugaan.
Cara yang sederhana  tersebut ternyata menaikkan akselerasi  di putaran bawah cukup instan.
Coba saja deh kalau nggak percaya.
8. Stel Kerenggangan Valve sesuai standart pabrikan.
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0.3 mm
Penulis sudah mencoba kombinasi kerengganan katup dari 0,1 sampai 0,35.
Hasilnya yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.
Setting renggang boleh dicoba untuk perbandingan:
Setting  renggang 0,3 in dan 0,35 ex.
FC sedikit agak membaik , mungkin naik sekitar 0,2 km/liter. ( tidak terlalu signifikan )
Akselerasi sedikit lebih baik.
Suara mesin jauh lebih kasar. Terutama pada rpm diatas 2500.
Kalau menurut ane sih karena suara mesin kasar , dan seperti ada suara dengkuran kucing pada rpm 3000 keatas , jadi nggak rekomen.
9. Kampas Kopling atau Matahari yang lemah juga mengakibatkan FC memburuk.
10. Ban standart jangan terlalu besar demikian juga velgnya cukup ring 15. Ban maksimal 195 65 R 15. sudah cukup baik untuk kompromi fc dan kenyamanan.
11. Gaya mengemudi yang halus.
12. Tekanan ban cukup 31 psi depan belakang.
 

Comments

  1. Wah teknik businya keren gan boleh nih di aplikasi buat motor harian. mkasih ya

    ReplyDelete
  2. mas...kl mau setting irit accord 2009 bagaimana caranya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts