Kampas Rem Toyota Fortuner Lengket

Kampas Rem Toyota Fortuner Lengket

Seminggu yg lalu saya mau keluar pake fortuner. Setelah selesai manasin, saya masukin ke D. walahh...kok ga jalan ??!! padahal rem tangan dalam posisi free. saya keluar sambil liat semua ban, ga ada batu or apapun penghalang nya.

Dicoba lagi masuk ke D, masih ga jalan meski dah digas sedikit. saya tambah gas lagi smp kira2 Rpm 1500, baru tiba-tiba tersentak keras dan ada suara "TAK"..cukup keras. weeew....bingung. baru kali ini kejadian begitu. Langusng saya tlp auto 2000 . Keterangan yg saya dapat : kemungkinan kampas rem basah dan masih dalam posisi menjepit brake pad, meskipun mekanisme hand brake n ya sdh free. memang kebetulan saya abis cuci fortuner , dan biasa kejadian pada mobil yg lewat genangan atau habis dicuci tapi belum kering benar.

best practicenya sih :
berhenti (posisi D)
injak rem terus, dan netralkan persneling (ke N)
lepas rem (kalau posisi datar)..biasanya mobil gerak sedikit (maju)
saat mobil statis, pasang rem parkir - injak atau tarik-- (shifter masih di N)
setelah rem tangan engaged, injak rem kaki dan shift ke P

sehingga transmisi benar2 disconnect saat parkir, dan yang menahan kendaraan adalah rem parkir. bila rem parkir ngga kuat, baru tranmisi (di P) yang menahan gerak mobil.

rem cakram di 4 roda tidak berarti rem parkirnya cakram juga (seingat saya cuma di peugeot jaman dulu 504 /505). di mercedes, rem parkir pake tromol kecil walaupun rem blakang nya cakram. rem tromol sangat kuat menahan beban berat dan lebih reliable (karena mekanis) sehingga lebih disukai sebagai rem parkir.

Tips Supaya rem gak macet:

Rem belakang :
- Bagian pelat belakang brake shoe yg nempel ke dasar rumah rem dikasih grease
- Lingkage2 / bagian yg bergerak dan bersinggungan dikasih WD40

Hati2 lubricant jangan sampai kena kampas rem-nya

Rem depan :
- Baut pasak caliper dikasih rubber grease
- Belakang brake pad dikasih grease sedikit, sampai samping2 atas bawah

Comments

Popular Posts