Cara bersihkan water separator plus buang anginnya


Cara bersihkan water separator plus buang anginnya pada Isuzu Panther

Water separator gunanya untuk memisahkan air dan kotoran sebelum masuk ke filter.., mknya klo water separator penuh, kasihan filternya bakal cepet kotor... klo filter dah kotor, maka yang selanjutnya kena ya nozel itu

Kalo ada indikator water separator nyala, itu tandanya water separator udah penuh, bisa air ato endapan lumpur...
Kalo mobil anda ga pernah di bersihkan water separatornya selama ini, maka jangan kaget klo bro dapetin isinya endapan lumpur, saya pernah dapat satu plastik isi kira2 500 ml lumpur .... campur solar kotor sih...

tp yang indikator water separatornya ga nyala, jgn bingung, sebab water separator di kapsul, ga ada sensor yang nyambung ke dashboard, klo water separator ini penuh...
tp caranya cukup pake senter di setrong, maka akan keliatan seberapa banyak lumpur di dalamnya....

ok... kita mulai berkotor2 ria...
sebelumnya saya kasi cara yang mudah aja... ini untuk memudahkan teman2 yang belum terbiasa membersihkan separator dan ingin mencoba mian bengkel-bengkel an...
klo dha biasa ntar aku kasi tips lain yang bersihnya lebih tuntas...

1. perhatikan di bawah separator ada keran dari plastik...untuk membuang isi separator, maka kancing itu perlu di buka, coba putar ke arah kanan... hati2 ini dari plastik, bisa patah....ingat untuk membuka arah putarannya searah jarum jam

2. kendorkan sampe lepas..... dan tampung ceceran solar pake gelas aqua, kaleng ato apa ajah biar solarnya ga ke mana2 mengotori ruang mesin..

3. klo udah lepas pencet pompa di atasnya sampe solar habis, dan perhatikan gimana 'bersihnya' solar

4 pasangkan kembali kancung penutup bawah separator....

Langkah selanjutnya buang angin..., ini dilakukan klo abis ganti filter solar, bersihkan water separator, or kehabisan solar...

1. pastikan kancing bawah dah terpasang rapat...
2. di atas di dekan pencetan pompa, ada baut kecil ukuran 10...nah itu di kendorkan... terus di pompa... klo kerasa ada angin keluar dari sana, berarti dah cukup longgar..klo blom kerasa ada udara keluar dari sana berarti kurang longgar.

3. kita masuk ke main course..bagi yang mobilnya tua, siapkan tenaga extra buat pompanya hehe... habisnya kadang berlangsung lama..pompa terus sampe ada solar keluar dr baut itu.

4. awal2 solar yang keluar berbusa... teruskan sampai kira2 yang keluar cuman solar ga ada gelembung udara2.

5. klo udah ga ada udara, kencangkan kembali bautnya kemudian start mesin... klo bisa di bantu teman start di dalam...sedang bro terus memompa2 pompa sampe terasa berat...klo masi ringan, teruskan mesin hidup sambil di pompa tangan.

6. klo mesin terasa pincang itu artinya masi ada angin... terukan pompa, sambil teman yang di dalam memainkan pedal gas sampe klo langsam ga pincang lagi...

Comments

Post a Comment

Popular Posts