Bila Thermostat Suzuki APV Bermasalah

Bila Thermostat Suzuki APV Bermasalah

Harga thermostatnya cuma 130.000, coolent 80.000 tapi ongkos bongkar pasangnya yg 300.000.

Overheat penyebabnya banyak komponen (selain tadi, water pump, kekurangan cairan, mampetnya kapiler pendingin mesin dll).

Kalau sampai merambat ke Cylinder head, gejala ringan CH akan kribo harus di rebounding dan dananya 2 juta tapi kalau berat, CH nya harus ganti dananya 7 juta.

Thermostat APV GX:

1. Pandangan dari bawah (P1040400):

Ada 2 jenis logam yg berbeda, yg ditengah warnanya kekuningan dan yg disampingnya warna sylver. Kedua jenis logam ini tidak saling bersinggungan kecuali pd bagian ujung atasnya saja. Daya muai dari kedua jenis logam ini sangat berbeda terhadap panas disekitarnya.

2. Pandangan dari samping (P1040407):

Logam silinder yg berwarna kekuningan ini juga dibalut oleh sebuah pir spiral dan tidak saling bersinggungan. Bagian logam sylver bagiab atas (dibawah ring karet) terdapat lubang kecil (ada pentilnya)ber diameter 4-5 mm yg berfungsi mengalirkan air dari radiator skala kecil.

3. Pandangan dari atas (P1040406):

Paling ujung adalah tempat pertautan antara kedua jenis logam tsb.

Kalau diurut mulai dari tengah ke pinggir, a. tongkat pertautan antara 2 jenis logam yg berbeda, b. ring karet, c. lingkaran logam kekuningan, d. ring karet, e. logam berwarna sylver (tertera 82 derajat Celsius dan samar2 lubang pentil pd arah jam 06.00), dan f. ring karet.

Cara kerja thermostat:

Bilamana mesin dalam keadaan dingin (maksudnya sebelum mencapai 82 derajat), diantara logam warna kuning dan sylver nggak ada celah tapi air dari radiator masih bisa mengalir skala kecil melalui lubang pentil tsb. Bilamana temp. sekitar sudah mencapai 82 derajad, mulai terjadi perbedaan daya muai dr kedua jenis logam tsb sehingga mulai terjadi celah diantara logam kuning dan sylver, air dari radiator mengalir dai 2 titik, dari lubang pentil dan celah tsb.. Semakin naik temp. diatas 82 derajat semakin lebar celah yg terjadi krn perbedaan pemuaiannya dan semakin banyak air yg mengalir melalui celah tsb.

Kelainan yg terjadi pd thermostatku.

Pada pandangan dari samping, pada logam warna kekuningan terdapat baret baret, tanda adanya gesekan dg pir spiral, atau adanya gesekan dg logam sylver. Hal ini menunjukkan adanya abnormalitas, seharusnya memuai searah dg sumbunya tapi pada kasus ini arahnya miring dg mudah terjadi kemacetan sehingga buka tutupnya celah tidak sejalan dg kenaikan temp. sekitarnya.

Thermostat second ini coba dimasukin ke air mendidih, lihat bagian atasnya akan terdapat celah, jalan air radiator dan bila suhu airnyamenurun kurang dari 82 derajat, celah itu akan tertutup kembali.

Comments

Popular Posts