Kalibrasi CVT GD3 Honda Jazz
Kalibrasi CVT GD3 Honda Jazz
Langkah2nya agar agan2 jg bisa berhasil melakukan kalibrasinya
1. cabut negatif accu, kira2 1 menit ( prosedure reset ECU) * saat cabut accu nyalain lampu besar supaya listrik benar2 terkuras habis di ECU nya. setelah 1 menit lampu besar di off kan kembali baru,
2. sambungkan kembali kutub negatif accu/aki ,rem tangan,nyalain mesin
3. biarkan mesin menyala sampai kipas radiator menyala ( kurang lebih 25 menit ) * Intinya langkah ke 3 adalah suhu kerja mesin sudah tercapai.
4. matikan mesin, terus jumper socket OBD di conector 4 & 9
5. putar kunci (lampu indikator di spedometer nyala) , injak rem ( terus injak jgn dilepas2 ), nyalakan lampu besar, baru nyalakan mesin
setelah mesin dinyalakan, tampilan di spedometer akan nyala lampu engine check, lampu EPS, lampu Airbag, Lampu ABS
6. biarkan selama 20 detik
7. Lalu baru prosesi memindahkan tuas metic dari N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N (lakukan dgn cukup cepat, ga usah nunggu jeda 1 detik per gear )
nanti setelah 3 balikan ke N, maka lampu N dan D nyala bersamaan (posisi gear di N)
kalo berhasil lampu N & D akan nyala bersamaan
* bisa saja perlu lebih dari 3 balikan (4 atau 5 balikan ke N)
sampai indikator N & D nyala bersamaan
8. ketika lampu N dan D nyala bersamaan rem tetap di tahan, biarkan sampai lampu D mati.
9. waktu lampu D mati ( posisi gear masih di N)
10. baru pindahin gear ke D , tetep tahan rem, sampai beberapa detik lampu D akan mati (posisi gear di D )
11. Setelah lampu D mati walau di posisi gear di D, baru pindahkan ke N
12. Matiin mesin , cabut jumper yg di OBD tadi.
Langkah2nya agar agan2 jg bisa berhasil melakukan kalibrasinya
1. cabut negatif accu, kira2 1 menit ( prosedure reset ECU) * saat cabut accu nyalain lampu besar supaya listrik benar2 terkuras habis di ECU nya. setelah 1 menit lampu besar di off kan kembali baru,
2. sambungkan kembali kutub negatif accu/aki ,rem tangan,nyalain mesin
3. biarkan mesin menyala sampai kipas radiator menyala ( kurang lebih 25 menit ) * Intinya langkah ke 3 adalah suhu kerja mesin sudah tercapai.
4. matikan mesin, terus jumper socket OBD di conector 4 & 9
5. putar kunci (lampu indikator di spedometer nyala) , injak rem ( terus injak jgn dilepas2 ), nyalakan lampu besar, baru nyalakan mesin
setelah mesin dinyalakan, tampilan di spedometer akan nyala lampu engine check, lampu EPS, lampu Airbag, Lampu ABS
6. biarkan selama 20 detik
7. Lalu baru prosesi memindahkan tuas metic dari N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N (lakukan dgn cukup cepat, ga usah nunggu jeda 1 detik per gear )
nanti setelah 3 balikan ke N, maka lampu N dan D nyala bersamaan (posisi gear di N)
kalo berhasil lampu N & D akan nyala bersamaan
* bisa saja perlu lebih dari 3 balikan (4 atau 5 balikan ke N)
sampai indikator N & D nyala bersamaan
8. ketika lampu N dan D nyala bersamaan rem tetap di tahan, biarkan sampai lampu D mati.
9. waktu lampu D mati ( posisi gear masih di N)
10. baru pindahin gear ke D , tetep tahan rem, sampai beberapa detik lampu D akan mati (posisi gear di D )
11. Setelah lampu D mati walau di posisi gear di D, baru pindahkan ke N
12. Matiin mesin , cabut jumper yg di OBD tadi.
Om mau nanya, mobil saya jazz idsi matic 2006, saya coba cara kalibrasi seperti diatas setelah N & D nyala bareng beberapa detik kemudian D jadi kedip gak mau mati kenapa ya? Posisi pintu rapat, listrik mati semua kecuali lampu depan
ReplyDeleteBerarti kalibrasinya gagal ya
ReplyDeleteBerarti kalibrasinya gagal ya
ReplyDeletekok tampilan spido nya beda sama gd3 2006 saya ya...kira2 sama ga gan cara nya...?
ReplyDeletesama gan...VTEC-IDSI 2006 sama juga. kalo D blink, coba tunggu beberapa saat sampai EPS kedip sebelum distarter. ato coba beberapa kali sampai D tidak blink (tanpa cabut jumper) ato mulai point 5
ReplyDeleteSaya jg ngalamin hal yg sama, D blink dan ditunggu sampe setengah jam tidak mati2, akhirnya browsing sana sini. Dab akhirnya berhasil hehe
ReplyDeleteSedikit sharing, bisa dimatikan lampu nya dan tutup pintu, habis itu coba lagi lgsg poin ke 7
Setelah itu bisa semua, proses poin ke 8 dan 10 sekitar 1 menit aja. Thanks all
Oy mobil saya jazz idsi tahun 2004
ReplyDeleteTks pak erwin tipsnya, setelah lampu dimatikan dan 2 kali coba akhirnya berhasil..
ReplyDeletepak erwin, klo dari awal kalibrasi tdk nyalakan lampu bisa ga ya ?
ReplyDeleteBiasa gagal karena mesin belum cukup panas.
ReplyDeletePunya saya ko tetep saja ya setelah kalibarsi TPS.. rpm tetep drop.
ReplyDeletePunya saya ko tetep saja ya setelah kalibarsi TPS.. rpm tetep drop.
ReplyDeletebedanya setelah kalibrasi apa..?apakah lebih enteng tarikannya?
ReplyDeleteMohon pencerahan gan ...saya gagal terus d blinkin.. Harus gmn ya gan
ReplyDeleteMohon pencerahan gan ...saya gagal terus d blinkin.. Harus gmn ya gan
ReplyDeleteMobil sy jazz vtec matic 2007, skrg rpm sering naik turun trus masuk D atau R mesin bergetar, knp ya? Mohon bantuannya suhu
ReplyDeleteYa sma...syg jaz 207 idsi... Dah sna sini .smpe smpe pusing dah di apain ajah masih ajah getar..klo R ke D apa lagi klo temratur mesin belaum bunyi alias mesin dingin... Smpe jdug gtranaya? Tpi klo udh mesin panas alaias otmatis suhu dh 2/3 x bunyai smua normal..mf mohon pncrhan para senior nh? Mksh
ReplyDeleteMohon pencerahan agan...,sy sudah mencoba dg cara yg agan uraikan tapi tetap aja gak mau jalan maticnya...malahan indikator cek engine nyala n indikator D kedip2....mohon petunjuknya agan...tq.
ReplyDelete