AC Avanza / Xenia tidak dingin hanya keluar angin
AC Avanza / Xenia tidak dingin hanya keluar angin
Langsung saja ya, dibawah adalah pembicaraan memperbaiki
sendiri ac mobil avanza / xenia yang tidak dingin antara montir dengan seorang teman.
Teman : Kang
kira-kira ac avanza / xenia saya ini kenapa? kok hanya angin yang keluar
tidak ada hawa ademnya?
Montir : Coba
periksa pengatur suhu di panel ac, sudah diputar ke kanan sampai full?
Teman : Sudah Kang!
Montir : Kalau
begitu Samean buka kap mesin, lihat kompresor ac disebelah kiri depan mesin.
Teman : Ya, tunggu
sebentar, sambil ac tetap dihidpkan atau dimatikan Kang?
Montir : Biarkan
ac tetap hidup.
Teman : Sudah Kang,
apa yang perlu montir lihat dikompresor AC?
Montir : Lihat
apakah kompresor ac berputar, lihat pada bagian depan kompresor apakah
berputar?
Teman : Berputar
kang!
Montir : Sekarang coba matikan pengatur suhu setel
minimal, apakah kompresor AC masih berputar?
Teman : Tidak
berputar kang.
Montir : Kalau
lihat kondisinya sepertinya freon kurang atau terlalu sedikit, tapi coba lihat
pada sambungan pipa-pipa ac, apakah terlihat basah seperti ada debu yang
menempel pada oli? yang artinya ada bocor pada sambungan atau pipa ac tersebut.
Teman : Tunggu bentar
saya periksa pipa-pipa ac nya?
Setelah menunggu beberapa saat teman terdengar jawaban dari
seberang telpon.
Teman : Tidak ada
basah kang di sambungan pipa-pipa ac nya, tetapi pas montir sentuh pakai tangan
kenapa salah satu pipanya panas sekali?
Montir : Panas sekali atau sekedar panas?
Teman : Panas
sekali di pipa ac yang kecil dan kompresor ngorok kang? Rusak ya kompresornya?
Montir : Kalau
ngorok nya keras, kemungkinan memang Iya kompresornya yang rusak.
Teman : Waduh,
berapa kang harga kompresor ac avanza / xenia?
Montir : Harga
kompresor Ac avanza / xenia diantara 2 juta hingga 3 juta, tapi tunggu dulu,
pada awalnya kejadiannya gimana? Apakah tiba-tiba ac ndak dingin atau penyebab
lain?
Teman : Begini
kang? Kemarin montir pakai perjalanan jauh, memang ditengah perjalanan ac mobil
dingin tetapi tiba-tiba panas, begitu terus sepanjang perjalanan, sewaktu sudah
pulang mau sampai rumah montir lihat amper temperatur naik, kemudian montir
berhenti dan lihat kipas radiator tidak berputar. Setelah itu montir kebengkel teman
untuk perbaiki kipas radiator, setelah itu mesin normal, tidak overheat lagi.
Tapi lupa saat itu tidak montir periksa ac nya, karena montir pakai dingin
sampai rumah. Tadi siang ketika montir pakai masalah muncul, ac nya ndak Adem
kalau mesin sudah lama hidup.
Montir : OOo begitu ceritanya?
Teman : Ya
begitulah kang!
Montir : Tadi
kompresor ac ngorok, pipa ac yang kecil panas sekali, Ya? Kalau begitu ada
kemungkinan katup ekspansi yang buntu?
Teman : Dimana
letak alat itu? apa namanya tadi?
Montir : Katup
ekspansi, letak katup ekspansi nya menempel dievaporator.
Teman : Kalau mau
bersihkan gimana caranya?
Montir : Kalau
untuk bersihkan ekspansi Avanza atau avanza / xenia harus bongkar Evaporator.
Teman : Sama kayak
bersihkan Evaporator Avanza Ya?
Montir : Ya
sama caranya, harus buka dashboard segala macam.
Teman : Kapan ada
waktu Kang?
Montir : Cari
waktu saya libur dulu baru bisa?
Teman : Nantilah
kalau Sampeyan sudah libur, kita bongkar evaporatornya. Oo Iya kang kalau kipas
radiator itu ngisap atau niup angin sih?
Montir :
Tergantung letak dan posisinya, tapi kalau untuk kipas radiator Avanza atau avanza
/ xenia menghisap angin ke belakang dari depan.
Teman : Ndak niup
angin Ya?
Montir : Ya
ndak Lah, kalau avanza / xenia kipasnya niup angin ke depan kan tabrakan antara
angin saat kipas hidup dengan angin saat mobil jalan.
Teman : Bener
gitu Ya?
Montir : Ya
iyalah, disamping itu kalau kipas radiator avanza / xenia meniup angin ke
depan, kondensor ac akan dapat tambahan panas dari panasnya radiator, memang
kipas avanza / xenianya sekarang posisi meniup angin kedepan atau menghisap
angin ke belakang?
Teman : Ntar montir
cek dulu,.... Niup ke depan Kang?
Montir : OOooo,
itu masalahnya akhirnya ketemu, kipas radiator avanza / xenia hembusan anginnya
kebelakang untuk buang panas radiator dan kondensor, kalau hembusan anginnya ke
depan ya wajar, kalau pipa ac yang kecil nya panas sekali dan kompresor ngorok.
Jadi bukan expansi nya yang buntu.
Teman : OO
begitu......! Sekarang cara balik putaran kipasnya gimana Kang?
Montir :
Berarti kemarin yang pasang kipas radiator itu salah, tidak diperhatikan arah
putaran kipasnya. Sekarang coba lihat soket pada motor kipas radiator, ada dua
kabel coba balik kedua kabel tersebut untuk merubah arah putaran kipasnya.
Teman : Ya tunggu
sebentar.
Montir : Hati
hati, matikan mesin terlebih dahulu.
Teman : iYa.....,
Sambil menunggu agak lama, kemudian ada jawaban dari
seberang.
Teman : Sudah
Kang, sudah montir balik kabel kipas radiatornya, soketnya yang montir balik,
karena soket agak longgar memang, jadi mudah bolak balik soket nya.
Montir :
Sekarang hidupkan mesin, kita lihat efectnya apakah ac nya mau dingin?
Teman : Iya Kang, betul mau dingin ac nya sekarang.
Montir : Coba
periksa pipa ac yang ukuran kecil, apakah bisa dipegang dengan tangan?
Teman : Ndak
berani kang, takut panas sekali kayak tadi itu.
Montir : Ndak
Papa, pipa ac kecil yang panas tadi itu karena tekanan dipipa ac terlalu tinggi
karena panas kondensor sendiri yang juga ditambah panas dari radiator akibat
kipas yang terbalik putarannya.
Teman : Ya Kang,... bener sudah ndak panas pipa ac
yang kecil dan pipa ac yang lebih besar sudah keluar embunnya.
Montir :
Bagaimana sekarang bunyi kompresornya apakah masih ngorok keras?
Teman : Hilang
Kang ... sudah hilang bunyi kompresor yang bunyi keras tadi, Kenapa bisa
begitu?
Montir : Kompresor Bunyi ngorok itu karena kompresor
kerja keras untuk memompa freon yang tekanannya terlalu tinggi, akibat panas
yang berlebihan tadi.
Teman : O begitu
ya?
Montir : Ya
kira-kira seperti itulah.
Teman : Suwun
Kang atas ilmunya?
Montir : Sama
sama.
nice share
ReplyDeleteGan saya mw curhat nih.. mobil saya avanza type s matic th 2007. Saya beli mbl itu bekas gan. Awal beli br berjalan 2 bulan Ac nya mati, sudah dicek dn harus ganti kondensor dn lgsg isi freon. Stlh AC aman saat rencana mw berlibur k bandung baru masuk tol dalam kota mobil sudah mogok dan harus turun mesin gan. Katanya sebabnya krn oli yg sudah lama tdk diganti jd smw komponen mobil tdk bekerja dgn baik hingga mengalami kebocoran. Stlh itu sudah aman dn hrs mmbayar sangat mahal tiba2 AC kembali tidak dingin lagi. Kipas berfungsi normal tetapi tidak menghantarkan hawa dingin gan.
ReplyDeletePertanyaan saya apa kira2 penyebab AC mobil saya kembali mati gan?
Apakah proses turun mesin tempo hari jadi sebab matinya AC lagi? kondensor dan freon masih sangat baru krn baru diganti bbrapa bulan lalu. Mohon pencerahanya. Lebih baik saya ke tukang bengkel saat turun mesin atau ke tukang ac tmpt saya mengganti kondensor nya? Terimakasih